Makna Kreatifitas

Apa arti dari kreatifitas?

Tidak ada sebuah definisi pasti yang dapat menggambarkan arti dari kreatifitas. Saya pribadi,  menggunakan beberapa karakter atau sifat untuk menggambarkan kreatifitas. Menurut saya, kreatif itu adalah sifat yang berani mendobrak paradigma, menghasilkan sesuatu yang unik dengan bahan dasar yang sama dengan cara membuat kembali, merubah fungsi, memberikan nilai tambah sehingga suatu produk memiliki fungsi atau makna baru.

ImageKita tidak menilai sebuah produk kreatif atau tidak hanya dengan melihat hasil akhirnya saja. Ada aspek-aspek lain yang menurut saya menjadi sebuah acuan untuk menentukan apakah suatu produk  akhir yang kita lihat kreatif atau tidak. Aspek pertama, adalah tokoh yang berada dibalik produk tersebut. Penggagas sebuah produk atau ide kreatif tentu seorang yang secara pribadi biasanya dikenal atau diakui sebagai tokoh kreatif. Sebut saja Steve Jobs, tokoh yang berada dibalik produk iTunes yang merubah cara orang mendapatkan dan menikmati musik.

Aspek kedua, adalah proses kreatif yang terjadi ketika mewujudkan ide menjadi produk akhir. Proses adalah bagian penting, karena sebuah ide kreatif yang tidak diproses menjadi produk maka selamanya hanya akan menjadi gagasan semata. Selain itu, proses juga merupakan aspek yang penting karena sebuah produk yang dinilai kreatif bisa hilang nilainya jika melalui proses yang salah. Proses yang salah disini maksudnya adalah pembajakan, meniru nilai orang, dan lain sebagainya.

Aspek ketiga, adalah produk itu sendiri. Tentu ini merupakan aspek yang penting untuk dijadikan acuan, karena produk akhir ini harus bisa menjadi bukti bahwa produk tersebut memang merupakan sebuah produk yang unik, baru, dan memberikan nilai tambah.

Kenapa dalam bisnis kreatifitas itu penting?

Dalam bisnis, terutama industri kreatif, jelas kreatifitas memiliki peran yang sangat penting. Ditengah persaingan seperti ini, siapa saja bisa memulai bisnis apa saja yang diinginkannya. Tidak ada yang susah! Dengan adanya internet dan globalisasi, semua bisa mengkases berbagai informasi dan sumber. Bahan baku, pasar, distributor, modal adalah sesuatu yang sangat mudah dicari. Tidak ada kesulitan untuk memulai bisnis pada masa sekarang, yang sulit adalah memepertahankan bisnis yang sudah kita mulai tadi. Dan kreatifitas, adalah salah satu peran penting yang bisa membuat bisnis terus bertahan.

Kreatifitas dapat membuat seorang individu atau sebuah perusahaan terus membuat inovasi dan membuat nilai tambah. Nilai tambah ini yang membuat bisnis yang dijalankan bisa mengalahkan saingan-saingannya dan menjadi pilihan utama bagi konsumen. Tanpa kreatifitas, produk yang ditawarkan kepada konsumen akan terus begitu-begitu saja, cenderung tidak menarik, dan terlihat tidak menonjol jika dibandingkan produk saingan. Jadi, mari libatkan kreatifitas dalam bisnis kita!

Iklan

Posted on 9 Juli, 2012, in bisnis. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. mantap… inovasi, nilai tambah,kreatifitas 🙂
    apa itu ide yang bagus? yang udah diwujudkan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: