Ada Kebaikan di Setiap Perintah dan Larangan

Penasaran kenapa orang-orang Nordik di Eropa bagian Utara memiliki kulit paling putih, sementara mereka yang hidup di Afrika bagian Barat memiliki kulit paling hitam? Dan kebanyakan orang lainnya memiliki kulit coklat dengan beratus-ratus variasi? Jawabannya, karena ALLAH sayang dengan hambanya! Loh, kok?

Orang yang warna kulitnya putih, lebih mudah terkena kanker kulit karena jumlah pigmen warna kulitnya (melanin) sedikit. Pigmen warna kulit berguna untuk melindungi kulit terhadap sinar UV, memantulkan dan menyerap sinar UV sehingga tidak sampai masuk dan merusak sel-sel kulit dermis. Orang Indonesia, yang hidup di khatulistiwa dengan sinar matahari memancar hampir sepanjang tahun, dikaruniai Allah warna kulit coklat dengan jumlah pigmen yang sudah diperhitungkan untuk perlindungan! Subhanallah! Semuanya sudah didesain sedemikian rupa oleh ALLAH, tidak ada yang sia-sia. Dan kita harusnya bersyukur berkulit cokelat. Jangan malah ingin berkulit putih!

Tidak ada ciptaan-Nya yang sia-sia, yang hanya sekedar iseng tanpa tujuan, maka demikian pula dengan perintah-Nya. Tidak ada perintah-Nya yang sia-sia, yang hanya menyulitkan hamba-Nya tetapi kesemuanya semata-mata untuk kebaikan hamba-Nya sendiri! Kita ambil contoh tentang kewajiban wanita menutup aurat (menutup berbeda dengan membungkus 😉 ). Allah memerintahkan wanita menutup aurat melalui An Nur 31 dan Al Ahzab 59, atau melalui hadist yang artinya “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang perempuan apabila sudah cukup umur, tidak boleh dilihat seluruh anggota tubuhnya, kecuali ini dan ini, sambil rasulullah menunjuk muka dan kedua tapak tangannya”.

Kita perhatikan sepintas, jelas aurat wanita jauuuh lebih ribet dari pada pria. Tetapi subhanallah, ternyata perintah itu justru karena Allah sayang terhadap hamba-Nya, terhadap wanita. Faktanya Wanita berkulit lebih tipis dan berpigmen lebih sedikit dibandingkan pria, sehingga dengan menggunakan busana muslimah wanita akan terlindung dari kanker kulit! Dan banyak alasan kesehatan lain yang bisa Anda cari sendiri di internet.

Kalau kita mau menelaah lebih jauh, ternyata terdapat banyak kebaikan dalam segala perintah dan larangan Allah! Mulai dari larangan minum berdiri, tidak boleh mengkonsumsi daging babi, gerakan shalat, bahkan sampai kenapa makan disunnahkan pakai tangan pun ada kebaikannya!

Nah, setelah kita tahu bahwa semua perintah dan larangan Allah itu terdapat banyak kebaikan buat diri kita sendiri. Tentulah tidak ada alasan lagi untuk tidak berusaha melaksanakan semua perintah-Nya dan berusaha meninggalkan semua larangan-Nya :).

referensi : disini, disana, dan disitu

Iklan

Posted on 22 Juli, 2010, in islam, Uncategorized. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. kenapa kak tubuh kita lebih kecil dari orang barat? dan rambut kita hitam? 😀

  2. namanya jadi bersyukur sama Arsitek alam ini 😀
    punya juga artikel serupa, tugas praktikum Biologi Perilaku
    http://lariajamift.wordpress.com/2007/10/08/how-animal-do-that-mekanisme-adaptasi-beruang-kutub-ursus-maritimus/

  3. wow, shiddieq jadi tambah bijak 🙂

    sepakat lah gw apa kata lu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: