Belajar Dari Onta

Okelah, si saya belum bisa tertidur sampai pukul dua dini hari karena berbagai macam hal. Salah satunya karena onta!!! Teman si saya bercerita ada bocah di pedalaman yang ga tahu onta itu hewan seperti apa. Padahal kan onta keren banget, bisa tahan ga makan dan minum berhari-hari karena punya cadangan makanan. Jadi bisa di rapel gitu kali ya? Nah, karena itu si saya mikir,  kalau minum bisa di rapel ama onta, kira-kira kita bisa ngerapel tidur ga ya? Misalnya Senin-Jumat kita bangung, Sabtu-Minggu jatahnya tidur… Bisa ga ya? Karena mikirin itulah akhirnya si saya malah ga tidur-tidur sampai sekarang! Yah, dari pada mikirin onta ga jelas, mending si saya buat tulisan tentang onta, siapa tahu bermanfaat ni tulisan.

Nah, pastilah kita semua yang mengenal internet sudah mengenal onta itu apa dan bagaimana. Ya, minimal kita tahu onta adalah hewan padang pasir yang memiliki kemampuan beradaptasi yang mengagumkan sekali! Onta bisa menyimpan lemak di punuknya, yang kemudia jika diperlukan dengan bantuan oksigen, lemak tersebut bisa diubah menjadi air, 1 gram lemak = 1 gram air.

Kemampuan adaptasi lainnya, jejak uap air yang ditinggalkan pada sistem respirasinya sedikit sekali! Uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuh melalui sel khusus yang terdapat pada hidung bagian dalam! Waw, hemat banget yak?

Tubuh onta dapat bertahan hingga 41 derajat celcius! Kalau lebih itu gimana? Kalau lebih dari itu, onta mulai berkeringat.  Penguapan dari keringat yang terjadi hanya pada kulitnya, bukan pada rambutnya. Dengan cara pendinginan yang efisien itu, unta mampu menghemat air cukup banyak. Beneran hemat dah si onta ini…

Unta mampu bertahan dengan kehilangan massa sekitar 20%-25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya mampu bertahan hingga kehilangan massa sekitar 3%-4% sebelum terjadi gagal jantung akibat mengentalnya darah. Meski unta kehilangan banyak cairan tubuh,  darahnya tetap terhidrasi, hingga batas 25% tercapai.

Ada banyak hal mengapa darah unta tidak mengental pada kondisi di mana darah mayoritas makhluk hidup sudah mengental. Sel darah merah unta berbentuk oval, bukan bulat seperti makhluk hidup lainnya. Unta juga memiliki sistem imunitas yang cukup unik. Semua mamalia memiliki antibodi berbentuk Y dengan dua rantai panjang sepanjang Y itu dengan dua rantai pendek di setiap ujung dari Y tersebut, tapi unta hanya memiliki dua rantai panjang yang menjadikannya berbentuk lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan darah akan mengental.

Ginjal dan usus mereka sangat efisien dalam menyaring air. Bentuk urin mereka sangat kental dan kotoran mereka sangat kering sehingga bisa langsung dibakar ketika dikeluarkan.

Waw…. keren banget ya si onta? Benar-benar diciptakan sesuai habitatnya! Waw, hasil ciptaan-Nya aja keren gitu, apa lagi penciptanya! Dan kalau onta saja sudah diberikan fasilitas sesuai tempat hidupnya, pastilah kita manusia juga sudah diberikan fasilitas sesuai tempat dan tujuan hidup kita! Pasti!

Kalau kita tidak diberikan kesempatan hidup melainkan semata-mata untuk beribadah kepada Allah, untuk menjadi khalifah, untuk menyebarkan Islam. Maka pastilah kita sudah diberikan berbagai macam kemampuan untuk melaksanakan tujuan kita dihidupkan. Pasti kita sudah diberikan kemampuan public speaking yang bagus! Kemampuan mempengaruhi orang dengan baik! Kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama untuk mewujudkan tujuan kita. Juga pastilah rezeki kita juga dijamin! Onta aja di padang pasir rezekinya ada mulu, masak kita yang bebas kemana aja ga dijamin? Ya kan? Pastilah Allah sudah memberikan bekal kepada kita sebagaimana Allah memberikan bekal kepada onta agar sesuai dengan habitatnya. Pastilah kita telah memiliki, apa-apa saja yang kita butuhkan untuk terus beribadah, menjadi pemimpin, menyebarkan Islam dimana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja! Pasti!

Karenanya jangan pernah membuat alasan-alasan untuk seakan mengizinkan kita untuk sedikit mengecilkan tujuan kita diberikan kesempatan hidup! Jangan pernah menyerah dan berputus asa. Pasti sebelum Allah menyuruh kita, Allah telah menyiapkan bekal bagi kita untuk bisa melaksanakan apa yang disuruh. Itu pasti! Karenya jangan pernah menyerah dan jangan iseng mempermudah suruhan-Nya.

Wallahu’alam

referensi disini

Iklan

Posted on 11 Mei, 2010, in inspirasi and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. mantap juragan….
    klo onta aja menginspirasi kebaikan, harusnya kita juga (lebih) bisa menginspirasi buat sesama manusia 🙂

    terus berbagi, kawan…

    *hahhaa, makin jarang ketemu kita. udah ky pejabat aja 😀

  2. Al-Ghasyiyah 17, 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: