Pesta Blogger 2009 : One Spirit One Nation

peserta pesta blogger 2009
peserta pesta blogger 2009

Blogger dari berbagai penjuru Indonesia tumpah ruah di ajang kopi darat nasional! Berbagai komunitas blog tampak hadir mengikuti acara pesta blogger 2009 seperti komunitas blogger dari Kalimantan Selatan, Anginmamiri Sulawesi Selatan, Palembang, Pekanbaru dan juga komunitas-komunitas lain yang berasal dari Pulau Jawa. Pihak panitia mengatakan lebih dari 1.200 blogger hadir di pesta tahun ini.

Secara keseluruhan, rangkaian acara pesta blogger 2009 berjalan seperti yang direncanakan, walaupun ada sedikit kemoloran waktu karena memang sulit bagi panitia yang cuma beberapa orang j untuk mengatur ribuan pesert. Bagi saya pribadi, ada dua hal yang menarik di awal acara, yang pertama bagaimana piawainya Tifatul Sembiring, Menkominfo yang baru, mengambil hati para blogger. Beliau yang mengaku sebagai blogger bahkan sempat mempromosikan akun twitternya. Semoga saja, interaksi yang begitu terbuka dengan para blogger akan terus berlangsung sepanjang lima tahun kedepan dan seterusnya.

Yang kedua adalah Video Opening yang ditampilkan oleh panitia, yang memuat berbagai macam kegiatan komunitas blogger di kotanya masing, dengan ekspresinya yang lucu-lucu dan menarik. Video Opening yang mengambil tema seperti tema pesta blogger 2009, One Spirit One Nation, juga secara tersirat menunjukkan potensi yang dimiliki oleh blogger dan juga potensi negara Indonesia. Namun sedikit disayangkan karena kenarsisan panitia sedikit mendominasi video ini, hehehe. Tetapi itu tidak terlalu bermasalah, saya lebih menyayangkan lagi keputusan untuk menggunakan bahasa inggris sebagai audio, dan bahasa Indonesia sebagai subtitlenya! Harusnya kebalikannya donk 😀

Nah, di luar dua hal tadi, tidak ada hal yang menarik bagi saya sampai acara break out sessions. Dibandingkan duduk manis mengikuti rangkaian acara saya dan sebagian blogger lain lebih tergoda untuk berkenalan dan berinteraksi secara langsung, setelah selama ini hanya kenal di dunia maya. Jumlah peserta yang benar-benar serius mengikuti sesi interactive discussion : One Spirit One Nation pun terlihat tidak begitu banyak. Karena memang menggoda sekali untuk berkumpul dengan blogger dari berbagai penjuru Indonesia, berkenalan, bertukar cindera mata, dan berdiskusi! Mungkin karena panitia tidak menyediakan sebuah kegiatan yang memungkinkan adanya interaksi langsung antara para blogger secara dua arah makanya sebagian blogger berinisiatif membuat acara di dalam acara :D.

Terlebih lagi ketika acara hiburan yang diisi oleh Pandji, semakin banyak blogger yang mojok dan ngobrol. Bukan karena yang menghibur Pandji sih, tetapi kalau kita mengusung tema One Spirit One Nation maka akan sangat lebih baik kalau hiburan yang dihadirkan adalah kesenian dari daerah kita sendiri, bukannya dengan nge-rap. Selain itu juga kata-kata yang dilafalkan sang rapper , cuma terdengar ujung-ujungnya saja (mungkin karena sound-nya kurang mendukung sih). Apapun penyebabnya, di pesta blogger 2009 kemarin, berinteraksi dan berkenalan langsung dengan sesama blogger jauh lebih asyik ketimbang mengikuti acara yang ada.

Tetapi saya memberikan dua jempol untuk acara break out sessions yang saya ikuti -saya tidak tahu acara break out sessions lainya-, Citizen Journalism. Tidak salah saya memilih sesi ini diantara sembilan sesi lainnya. Paparan yang diberikan oleh Mba Lily Yulianti dan Mas Pepih Nugraha benar-benar dahsyat! Mungkin nanti saya akan menulis khusus tentang sesi ini.

Sore harinya pesta blogger diakhiri dengan pengumuman door prize, games, pengumuman pemenang berbagai perlombaan, dan tari piring (mungkin ini satu-satunya rangkaian acara yang mewakili tema One Spirit One Nation).

SQ di pesta blogger 2009
SQ di pesta blogger 2009

Bagi saya, selain break out sessions tentang Citizen Journalism, acara yang menarik lainnya adalah foto bareng! Dan saya yakin, begitu juga bagi peserta lainya! Mulai dari di welcome wall yang disediakan, di booth-booth yang ada, foto bareng blogger lainnya, foto bareng tokoh Star Wars, atau pun foto iseng lainnya.

Kita sudah berpesta! Saya banyak dapat teman baru dari pesta ini. Blogger dari Singapura, Birma, Bangladesh, Amerika, Ausralia, dan dari seluruh Indonesia! Terimakasih buat panita pesta blogger 2009 yang sudah bekerja keras menyelenggarakan kopi darat nasional ini. Terimakasih juga untuk Pak Menkominfo yang udah mau datang, mas Eko Ramaditya Adikara yang bersedia menjelaskan tuntas tentang serba-serbi lightsabers :D, Mba Lily Yulianti, Mas Pepih Nugraha, dan Bang Aan Mansyur yang membuka wawasan tentang Citizen Journalism, Rombongan Baraya Blogger, Paman Sam yang bersedia jadi sponsor, dan banyak lainnya.

Ya, Kita sudah berpesta! Sekarang, mari kita nge-blog lagi :p
See u all at pesta blogger 2010, insyaallah…

sumber foto : Wirawan Winarto

Iklan

Posted on 25 Oktober, 2009, in ulasan and tagged . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. ganti deui blog na kak?? permios atuh, bade abi link-keun ka blog abi , nuhun pisan kak

  2. See u all at pesta blogger 2009, insyaallah…
    wahh..2010 aja mas hehe..

    ohh..ikutan yg “Citizen Journalism”, saya ikutan yang creative industry” nanti sharing-sharing tentang materinya ya..
    salam kenal dari bandung… 😀

    • owh iya, salah ketik :mrgreen:
      udah diperbaiki, hehehe

      sip, udah rencana nulist ttg break out sessions kemarin, ditunggu ulasan ttg creative industry-nya juga ya…

      salam kenal jg dari bandung
      sama2 org bandung nih.. :mrgreen:

  3. wow… pengamatan yang cermat ttg jalannya acara 🙂
    masukan berharga buat panitia tahun depan nih….

    sayangnya…. saya ga bisa ikut hiks hiks hiks

  4. nice post..shidieq temennya Bayu kan 🙂

  5. hiks hiks ga sempet ikutan pesta blogger lagi…

  6. wah berpesta beneran dik yak …
    mantaaaaaaaaaaps 🙂

  7. terimakasih i atas tulisannya yang menarik… kenalkan saya Agus Suhanto

  8. ga sempat kesana mas, ga punya uang…

  9. Ah nyesel gw kagak dateng…masih mikir kuliah..
    tahun depan semoga bisa dateng. 🙂

    salam kenal :mrgreen:

  10. Ini pelarian karna ga bisa ikut wisuda yak?? 😀
    *kabooor*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: