Tamu Tak Diundang di Tengah Malam

Tengah malam, seekor lebah masuk ke kamar tanpa mengucapkan salam. Namun, karena saya tuan rumah yang baik hati, saya membairkannya masuk dan berputar-putar di dalam kamar. Lebah tadi sepertinya menyukai cahaya, dia berputar-putar mengitari lampu. Sangkin senangnya dengan cahaya, walaupun dia tahu kalau dia mendekati lampu yang sedang menyala akan menyakitkan dirinya, dia tetap melakukannya berulang-ulang.

Karena saya punya prinsip, ‘jangan takut kalau tidak bersalah’ maka saya membiarkan sang lebah melakukan tawaf kepada lampu philips dan pede bahwa dia tidak akan menggangu saya. Hingga pada suatu saat, sang lebah sudah terlalu capai tawaf, dia sudah tidak kuat lagi terbang. Perlahan dia terbang merendah, turun dan turun. Dan saya masih tetap pede bahwa dia tidak akan mengganggu saya hingga tiba-tiba saya merasakan seperti digigit sesuatu! Wadaw… kaki saya disengat sang lebah…!!!

Karena terlatih menghadapi situasi kritis, tangan saya segera menyambar Baygon, dan menyemprotkannya kepada sang lebah! Baru kemudian saya membaca tulisan di kaleng Baygonnya, ‘mengendalikan nyamuk, lalat, dan kecoa’! (lebah ga ditulis.. hiks..).

Yah, tapi lama-lama si lebah mati juga! Kemudian tangan saya meraih neng Nikon untuk mengambil foto bukti wajah pelaku. Ini dia :

Setelah cukup mengambil foto, saya baru menyadari kaki saya sangat perih!!! Ternyata bekas sengatannya sudah memerah dan gembung karena ada minyak kayu putih di dekat saya, maka saya pun dengan PD mengoleskannya. Ternyata, si minyak kayu putih membuat luka semakin terasa perih dan panas. Dengan panik, saya minta bantuan om google, dan beliau menyarankan untuk mencari mencari jarum penyengat lebah pada kulit mereka, karena jarum penyengat itu yang membawa racun ke tubuh kita, tindakan ini bisa membantu racun tidak terlampau banyak masuk ke tubuh. Dan setelah saya cari, jarum tersebut memang ada, beugh.. parah dah si lebah. Kemudian cucilah bagian kulit yang tersengat dengan sabun, air, dan alkohol. Mambubuhkan es batu pada area yang tersengat juga bisa membantu meredakan bengkak. Nah, karena ga ada alkohol dan es batu, jadi saran itu saya lewati saja.

Kesimpulan di tragedi kali ini :

Yang harus di lakukan ketika tersengat lebah :

1. cari dan buang jarum penyengat di sekitar tempat sengatan

2. cuci bagian kulit yang tersengat dengan sabun, air, alkohol

3. kompres luka dengan es untuk meredakan bengkak

4. 10 menit setelah tersengat perhatikan apakah ada gejala seperti sakit kepala, kehilangan kesadaran, demam, bengkak pada bibir/wajah/lidah, dan sesak nafas. Jika ada, bisa dipastikan korban mengalami alergi terhadap racun lebah, jadi segera bawa ke dokter.

Yang jangan dilakukan ketika tersengat lebah :

  1. Mengambil kamera, mengambil foto lebah dalam berbagai posisi, melakukan editing akhir kepada foto lebah seperti cropping, pengubahan contrast, saturation atau lainnya karena ini artinya kita memberikan waktu kepada racun lebah untuk menyebar!
  2. Mengoleskan minyak kayu putih pada tempat luka sengatan lebah karena panas!!!

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat! Hehe

Iklan

Posted on 16 September, 2009, in shiddieq. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. 😀 Nice story dieq,,, ngakak gw bacanya,,,hahaha..

  2. wakakaka……. lucu amat bang, satu lagi kesimpulan yg harus diambil dari tragedi ini,, yaitu WASPADALAH!!! hahaha….

  3. Ditya Rizky Yudistira

    Hihihii ,, lucu juga ni lebahnya ^_^

  4. widih enak ya disengat lebah…jkakakakakak 😀 😀

  5. Hahahaa..
    Yang paling bagus bagian “Yang jangan dilakukan ketika tersengat lebah :” :p
    Mudah-mudahan dengan di-upload-nya foto sang lebah, membuat lebah-lebah yang lain enggan menyengat Shiddiq. 😀

  6. ceritax asik :)) . pelajarn lain: prlu dicari tahu knp kebanyakan jenis serangga trbang suka dkt cahaya? tanya mbah google…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: