Gempa 7.3

Gempa besar yang terjadi hari ini mengguncang Jawa Barat dan sekitarnya, membuat panik warga sekitar, mengganggu jaringan telepon, dan mengakibatkan traffic operator telekomunikasi naik seketika! Ketika itu saya sedang di ruang tengah lantai dua rumah kontrakan. Besarnya getaran yang terasa membuat otak saya memerintahkan agar saya keluar dari rumah secepat mungkin. Tanpa memikirkan hal lain, saya segera keluar rumah tanpa membawa apa pun.

Getaran berlangsung cukup kuat dan lumayan lama. Terlihat kabel-kabel listrik dan segala benda yang bergantungan bergoyang ke kiri dan ke kanan. Bahkan air-air yang menggenang mengalir secara tidak wajar. Ketika getaran sudah mereda, dan saya melihat tidak ada retakan di dinding rumah, maka saya pun masuk ke dalam rumah untuk mengambil handphone dan dompet, untuk kemudian keluar lagi.

Yang terpikirkan saat itu, melihat update di twitter untuk mendapat info detail tentang gempa. Dan benar saja, beberapa reporter dan wartawan televisi yang saya follow di twitter mengupdate informasi-informasi tentang gempa.

Baru kemudian, dari twitter dan facebook saya mengetahui bahwa gempa berkekuatan 7.3 SR, pusat gempa di 142KM barat daya Tasikmalaya, kedalaman pusat gempa 30KM di dalam laut, dan berpotensi tsunami. Dan guncangan gempa yang sedemikian kuat terasa hingga seluruh Jawa Barat, Jakarta, dan sekitarnya.

Beberapa kerusakan akibat gempa antara lain, rubuhnya bangunan rumah di daerah selatan Tasikmalaya, terganggunya jaringan PLN di Tasikmalaya, kepanikan yang terjadi di daerah perkantoran dan pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.
Yah, terkadang, kalau seseorang sudah susah mendengarkan nasehat, mungkin perlu ditimpuk dengan kerikil untuk mengingatkanya bahwa yang dia lakukan itu salah. Semoga ini peringatan dari Allah, untuk kita seluruh ciptaannya di bulan Ramadhan ini. Bagi mereka yang dipusat gempa, jelas mereka sangat khawatir akan gempa susulan, dan sangat mungkin mereka tidak bisa tidur nyenyak malam ini. Untuk kita yang jauh dari pusat gempa, jangan sampai kita hanya khawatir, hanya mengingat Allah beberapa menit ketika guncangan terjadi saja, dan kemudian kita kembali tertawa dan lupa akan peringatan-Nya.

Iklan

Posted on 2 September, 2009, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: