JK Usul Ijazah Jadi Anggunan Kredit

Mantan calon presiden dengan nomor urut 3 pada pemilu yang baru saja berlangsung, Jusuf Kalla (JK), menindaklanjuti janji yang pernah diutarakannya di kampanye presiden yang lalu. Walaupun beliau tidak menjadi presiden terpilih untuk periode 2009-2014, tetapi dengan kapasitasnya sebagai wakil presiden sampai dengan Oktober 2009 ini, beliau menyampaikan usulan agar para mahasiswa yang baru lulus bisa menggunakan ijazah mereka sebagai agunan untuk memperoleh modal usaha. Lebih lanjut lagi, JK meminta HIPMI untuk menindaklanjuti usulannya tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Umum HIPMI, Erwin Aksa, setelah menemui JK di istana wapres. Nah, sebagai mahasiswa yang juga berwirausaha saya merasa ini usulan yang sangat baik sekali. Karena jumlah entrepreneur di Indonesia masih sedikit sekali dibandingkan jumlah penduduknya. Selain itu, mahasiswa juga banyak memiliki ide kreatif untuk berwirausaha namun pada akhirnya mentok karena tidak ada modal.

Yang perlu digarisbawahi, kalau seorang mahasiswa lulus dan menjadi pegawai, dia hanya bisa mengurangi satu angka pengangguran dan diwaktu yang sama dia juga mengurangi satu peluang lowongan kerja! Sementara ketika mahasiswa tadi memilih untuk menjadi wirausahawan, dia mengurangi satu angka pengangguran, dan membiarkan sebuah peluang lowongan kerja! Bahkan, dia juga mengurangi angka pengangguran lebih dari satu jika dia merekrut beberapa pegawai untuk membantu mengelola usahanya nanti.

Disisi lain, selain memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan, program ini juga bisa memotivasi mahasiswa yang belum lulus untuk segera lulus! Karena agunan bisa diajukan dengan menunjukkan ijazah, berarti si mahasiswa ini jelas harus lulus dulu. Yah, contoh mahasiswanya kayak saya ini lah :D.

Jadi, sebagai seorang mahasiswa yang hobi berwirausaha, saya mendukung penuh usulan JK ini, dan semoga bakal cepat ditindaklanjuti oleh HIPMI. Oiya, usul satu lagi nih buat Pak JK, selain ijazah bisa dijadikan agunan kredit, bagaimana kalau surat nikah juga bisa dijadikan agunan kredit Pak? Supaya memotivasi supaya cepat nikah? Kan lebih cepat lebih baek 😀

Sumber

Iklan

Posted on 1 Agustus, 2009, in bisnis, ulasan and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Saya termasuk sedikit orang yang memilih pasangan JK-WIN. Bagaimana kalau JK mengawalinya. Kumpulkan sejumlah wisudawan wirausaha. Pilih beberapa model wirausahawan, ambil itu ijazah dan beri modal. Biar jangan dibilang mengobral ide dan janji angin surga.

  2. iya, saya juga mendukung program2 JK yang bertujuan menggiatkan minat wirausaha di kalangan muda. kira2, kalau mau usul ke JK, yang paling konkrit via apa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: